Krisis Eropa

intrested and Nice blog !! greeting from Indonesia tours drivers

Paspor Hijau Gue

Sejak 2-3 tahun ini yang biasanya mantengin berita-berita terkait ekonomi-bisnis sudah tidak asing yah mendengar mengenai krisis Eropa. Heboh bangetnya pas Yunani hampir jadi negara bangkrut gegara kegedean utang. Ternyata masalah serupa tidak hanya dialami sang Negeri Zeus, tetapi juga sebagian besar negara Eropa, terutama negara-negara yang disebut PIGS (Portugal, Italy, Greece, Spain). Uni Eropa sendiri sebenarnya punya standar bagi negara anggotanya kalo yang namanya utang pemerintah itu maksimum “cuman” 60% dari GDP ato produksi bruto domestik (bener ga ini terjemahan bakunya?), sama defisit anggaran belanja pemerintah paling mentok 3% dari GDP juga. Yah tapi gimana lagi, nyatanya banyak negara yang bandel, bahkan si PIGS ini utang nya udah di atas 100% dibanding GDP. Jadi utang lebih banyak dibandingin kemampuan negara itu berproduksi. Belum lagi defisit anggaran yang biasanya sampai belasan persen. Kalo mau ngecek bisa ubek-ubek deh situsnya bank sentral Eropa http://www.ecb.europa.eu

View original post 484 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s